7 Cara Membuka Situs Yang Diblokir Tanpa Aplikasi di Hp Android

Cara Membuka Situs Yang Diblokir Tanpa Aplikasi di Hp

BlazingLizard.com – Salah satu cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi di hp Android adalah menggunakan fitur Private DNS atau DNS Pribadi. Cara mengaktifkan fitur tersebut sangat mudah, namun sayangnya hanya tersedia untuk smartphone Android 9.0 ke atas.

Mungkin selama ini anda lebih memilih menggunakan VPN untuk membuka situs yang diblokir. Cara tersebut sah-sah saja. Namun terkadang ada aplikasi VPN yang justru mebahayakan keamanan data yang tersimpan di smartpone. Sebab cara kerja VPN adalah dengan mengalihkan server ke pemilih VPN sehingga rawan kebocoran data.

Cara kerja DNS berbeda dengan VPN, yakni dengan cara menerjemahkan alamat URL menjadi alamat IP. Sebagai contoh anda membuka situs google.com, maka alamat URL tersebut akan diterjemahkan menjadi 172.217.6.238. Hal yang sama juga berlaku pada saat membuka situs yang diblokir.

Selain untuk membuka situs yang diblokir, DNS Pribadi juga bisa digunakan untuk mengatasi pembatasan pada suatu aplikasi. Namun agar bisa melakukan hal itu, anda harus mencari penyedia DNS atau Hostname yang dikhususkan untuk membuka akses website atuapun aplikasi yang dibloir.

Nah bagi yang tertarik ingin mencoba cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi menggunakan Private DNS, silahkan simak tutorialnya pada artikel blazinglizard.com berikut ini.

Cara Membuka Situs Yang Diblokir Tanpa Aplikasi

Fitur Private DNS merupakan fitur bawaan smartphone yang menggunakan sistem operasi Android 9 ke atas. Namun setiap smartphone memiliki menu pengaturan Private DNS berbeda-beda. Kita harus mencari fitur tersebut pada menu Settings/Setelan/Pengaturan.

Sebagai contoh kami akan memberikan tutorial cara menggunakan Private DNS pada hp Samsung yang menggunakan OneUI 2.5 berbasis Android 10. Bagi anda yang memakai hp Samsung bisa mencoba cara yang kami sampaikan di bawah ini.

  1. Buka Menu Pengaturan yang tersedia di smartphone. Kemudian pilih menu Koneksi Cara Membuka Situs Terblokir Tanpa Aplikasi
  2. Selanjutnya pilih menu Pengaturan Koneksi LainnyaCara Setting DNS Pribadi
  3. Setelah itu pilih DNS PribadiDNS Pribadi
  4. DNS Pribadi secara otomatis tidak aktif. Untuk mengaktifkannya silahkan klik bagian Nama Host Penyedia DNS PribadiHost DNS Pribadi
  5. Lalu masukan nama Host Penyedia DNS Pribadi pada kolom yang tersedia. Sebagai contoh kami akan memasukan DNS dari Google, yakni google.dns
  6. Setelah itu klik Simpan.
  7. Setelah berhasil di simpan, silahkan buka browser lalu mencoba membuka situs yang diblokir.

Untuk smartphone lain caranya tidak berbeda jauh. Pada intinya anda hanya perlu membuka menu Settings Network & internet Advanced Private DNS. Selain itu, anda juga bisa mencari pengaturan Private DNS pada kolom pencarian yang biasanya tersedia pada menu Settings.

Daftar DNS Pribadi Untuk Membuka Situs Yang Diblokir

Seperti yang anda lihat di atas, kami telah mencoba menggunakan DNS dari Google dan terbukti bisa digunakan untuk membuka situs yang terblokir tanpa aplikasi. Selain Google, masih ada banyak penyedia DNS Pribadi lainnya. Sebagia referensi silahkan simak di bawah ini.

Penyedia DNSHostname
Google DNS – 8.8.8.8dns.google
Cloudflare DNS – 1.1.1.11dot1dot1dot1.cloudfrare-dns.com
Quad9 DNS – 9.9.9.9dns.quad9.net
DNS Adguarddns.adguard.com

Silahkan menggunakan salah satu Hostname di atas untuk membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi di hp Android. Untuk mengetahui bagaimana performa setiap DNS silahkan anda mencoba satu persatu. Kami sendiri menyarankan untuk memakai Private DNS dari Google (dns.google) karena terbukti stabil dan cepat.

Aplikasi Private DNS

Bagi yang memakai hp jadul dengan sistem operasi Android 9 ke bawah sebenarnya tetap bisa menggunakan Private DNS, namun harus menggunakan bantuan aplikasi. Ada beberapa aplikasi Private DNS yang bisa anda gunaan untuk membuka situs yang diblokir. Nah untuk mengetahui apa saja aplikasinya, silahkan simak berikut ini.

1. Intra

Intra
Intra
Price: Free

Intra merupakan aplikasi Private DNS yang secara otomatis membuat smartphone terkoneksi ke DNS Google. Didalamnya juga disediakan menu untuk memiih beragam penyedia Private DNS sehingga tidak hanya terbatas untuk DNS Google saja.

2. 1.1.1.1

Aplikasi Private DNS yang satu ini sudah sangat terkenal. Sebab 1.1.1.1 merupakan aplikasi yang bisa menembus semua situs dan aplikasi yang terblokir.

3. DNS Changer

Melalui aplikasi DNS Changer kita bisa memilih Private DNS secara mudah dan mencari mana yang tercepat. Aplikasi ini tergolong stabil sehingga bisa diandalkan untuk membuka situs yang terblokir.

4. NextDNS

NextDNS
NextDNS
Developer: NextDNS
Price: Free

NextDNS tidak kalah bagu dari aplikasi Private DNS lainnya. Aplikasi ini bisa kalian download secara gratis di Play Store. Cara menggunakannya sangat mudah, karena cukup menekan tombol Connect maka secara otomatis akan terkoneksi ke Private DNS dari NextDNS

5. One DNS

Satu lagi aplikasi yang layak dicoba untuk membuka situs yang diblokir menggunakan Private DNS. Aplikasi ini bisa didownload secara gratis dan diklaim bisa meningkatkan kecepatan internet serta meningkatkan privacy saat mengakses internet.

Kesimpulan

Semua aplikasi di atas akan memudahkan anda menggunakan Private DNS. Namun bagi yang ingin membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi maka lebih baik mengatur Private DNS secara manual dengan mengikuti tutorial di atas. Nah apabila masih ada pertanyaan, silahan simak halaman FAQ di bawah ini.

Apakah Bisa Buka Situs Yang Diblokir Tanpa Aplikasi?

Bisa, caranya adalah menggunakan Private DNS

Apa Saja Hp Android Yang Mendukung Private DNS?

Fitur Private DNS tersedia untuk Android 9.0 ke atas. Sedangkan untuk seri di bawahnya harus menggunakan aplikasi

Bagaimana Cara Menggunakan Private DNS?

Setiap tipe dan merk smartphone memiliki menu Pengaturan Private DNS berbeda-beda. Namun pada umumnya terletak pada menu Settings Network & internet Advanced Private DNS

Apakah Memakai Private DNS Aman?

Sangat aman. Bahkan jauh lebih aman dibanding menggunakan VPN. Sebagai fungsi Private DNS hanya untuk menterjemahkan alamat URL menjadi alamat IP sehingga server tidak berubah.

Cukup sekian informasi blazinglizard.com pada kesempatan kali ini. Semoga tutorial di atas membantu pengguna hp Android yang ingin membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi. Simak pula artikel sebelumnya mengenai cara upgrade OVO Premier dan beragam informasi seputar dunia game dan teknologi di Indonesia.

Hanya orang biasa yang hobi menulis dan bermain game. Salam kenal semuanya.