15 Emulator Android Paling Ringan Dan Cepat Terbaik 2020

Emulator Android Paling Ringan dan Cepat

Blazinglizard.com – Emulator Android paling ringan membutuhan Ram minimal 2GB agar bisa berjalan lancar pada CPU spek rendah. Apabila cuma Ram 1GB kami yakin akan ngos-ngosan.

Sebenarnya Ram 2GB belum cukup untuk menjalankan emulator android dengan cepat. Kami sarankan untuk memakai PC atau Laptop dengan Ram minimal 4GB atau 8GB.

Semakin besar kapasitas Ram yang dimiliki, maka performanya semakin bagus. Terlebih jika memakai emulator untuk bermain game-game berat seperti PUGB Mobile maupun COD Mobile.

Sejatinya Game Android tidak bisa dijalankan di PC berbasis Windows, Linux, maupun MacOS. Untuk menjalankannya harus menggunakan Emulator Android.

Ada beberapa emulator yang dikhususkan untuk bermain game. Kami sudah pernah membahasnya pada artikel cara main PUBG Mobile di PC. Namun hanya satu emulator saja yang kami bahas pada artikel tersebut.

Padahal ada banyak sekali emulator Android terbaik untuk main game. Sayangnya tidak semua emulator dapat berjalan lancar pada komputer spek rendah.

Rata-rata emulator android membutuhkan spesifikasi minimum Ram 2GB dan processor Dual Core. Nah untuk mengetahui apa saja emulatornya silahkan simak rekomendasi BlazingLizard berikut ini.

Rekomendasi Emulator Android Paling Ringan

Emulator Android Paling Ringan Untuk Game

1. GameLoop

GameLoop merupakan emulator buatan Tencent yang dikhususkan untuk bermain game. Sebelumnya emulator android paling ringan ini dikenal dengan nama Tencent Gaming Buddy.

Beragam game Android terpopuler telah tersedia secara gratis pada emulator Android terbaik ini, seperti PUBG Mobile, Free Fire, Call Of Duty Mobile, Clash of Clans dan masih banyak lagi lainnya.

Semua game bisa dimainkan dengan keyboard dan mouse. Spesifikasi yang dibutuhkan juga tidak terlalu tinggi. Sebab GameLoop ini bisa berjalan lancar dengan Ram minimum 2GB.

Sayangnya GameLoop tidak dilengkapi Play Store. Meskipun begitu GameLoop tetap menyediakan beberapa aplikasi seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, Line, dll.

GameLoop memang layak disebut sebagai emulator android terbaik. Selain performa yang cepat dan ringan, GameLoop juga bisa didownload secara gratis melalui link di bawah ini.

2. BlueStack

Emulator Android Paling Ringan dan Cepat

Bagi yang mencari emulator android gratis dengan fitur paling lengkap, maka BlueStacks merupakan pilihan paling tepat. Sebab emulator ini tidak hanya bisa digunakan untuk bermain game, namun juga beragam aplikasi Android.

Untuk download aplikasi dan game sudah disediakan PlayStore. Anda cukup login menggunakan akun Google dan bisa langsung memakai emulator ini layaknya menggunakan hp Android.

Dukungan Keyboard, Mouse, dan GamePad menjadi salah satu kelebihan BlueStack. Tak hanya itu, emulator ini juga memiliki user interface yang menarik dengan tamplan landscape maupun potrait.

Performa emulator android ini juga cepat. Namun agar optimal kami sarankan menggunakan PC/Laptop dengan Ram minimal 4GB.

BlueStack bisa diinstal pada PC dengan sistem operasi Windows 32 Bit dan 64GB Bit. Selain itu, Bluestack juga mendukung perangkat Mac. Untuk mengunduhnya silakan klik di bawah ini.

3. NoxPlayer

Emulator NoxPlayer

NoxPlayer menjadi salah satu emulator android paling ringan dan tercepat saat ini. Emulator ini sudah dioptimalkan agar aplikasi dan game android bisa berjalan lancar dan stabil.

90% game dan aplikasi Android bisa berjalan lancar pada NoxPlayer. Kalian juga bisa menginstal file Apk jika tidak menjumpai game atau aplikasi yang diinginkan.

Cara menginstal file Apk pada NoxPlayer sangat mudah. Kalian cukup drag file yang akan dinstal ke emulator ini. Setelah itu secara otomatis file Apk akan diinstal.

Sayangnya NoxPlayer tidak menyediakan Play Store. Sebagai gantinya sudah ada App Center yang mememiliki database aplikasi dan game cukup lengkap.

NoxPlayer telah tersedia untuk PC berbasis Windows dan Mac. Cara mengoperasikan emulator ini juga sangat mudah, karena bisa menggunakan Mouse dan Keyboard.

4. MEmu Play

Download Emulator Android Teringan

Masih ada banyak emulator android paling ringan lainnya. Salah satu yang wajib kalian coba adalah Memu Play. Emulator ini telah didownload lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia.

Ada banyak sekali kelebihan Memu Play dibanding emulator android terbaik lainnya. Salah satunya adalah dukungan Enhanced OpenGL and DirectX 3D yang menjadikan kualitas gambar lebih menakjubkan.

Memu Play sangat cocok digunakan pada PC dengan monitor berukuran besar. Dari segi performa juga menakjubkan sehingga cocok untuk bermain game android dengan frame rate ekstrem.

Semua game populer bisa dimainkan secara cepat, lancar, dan stabil pada emulator yang satu ini. Kalian bisa mengadalkannya untuk berman PUBG Mobile dan Call Of Duty Mobile.

Pengalaman bermain game Android pada komputer akan terasa semakin maksimal dengan dukungan keyboard dan mouse. Sayangnya Memu Play hanya tersedia untuk Windows.

5. Android Studio

Android Studio bukanlah emulator android untuk bermain game. Emulator ini dikhususkan untuk mengetest aplikasi Android yang dibuat menggunakan Android Studio.

Bisa dikatakan Android Studio merupakan emulator khusus untuk pada developer aplikasi maupun game Android. Emulator ini sudah terinstal secara langsung pada aplikasi Android Studio.

Meskipun berjalan cukup berat, namun emulator Android terbaik ini mendukung sistem operasi Android paling baru. User interface yang disediakan juga sangat simple dan tidak ada Play Store.

Bagi yang ingin mencoba membuat aplikasi Android wajib menginstal emulator yang satu ini. Namun bagi yang mencari emulator untuk main game kami sarankan untuk memilih emulator lainnya.

6. Droid4X 

Droid4X bisa berjalan pada PC/Laptop dengan sistem operasi Windows 7, 8, dan 10. Selain itu, Droid4X juga tersedia untuk MAC.

User interface Droid4X sangat standar layaknya hp Android stock rom. Namun dibalik itu Droid4x menawarkan sistem yang stabil dan sudah dilengkapi Play Store.

Salah satu fitur paling menarik pada Droid4x adalah fitur Recorder. Melalui fitur ini kita bisa merekam layar secara langsung tanpa perlu menginstal aplikasi screen recorder secara terpisah.

7. Genymotion

GenyMotion merupakan emulator untuk PC yang ditargetkan untuk para developers. Emulator ini bisa terkoneksi secara langsung ke Android Studio.

Kalian bisa menggunakannya pada perangkat MacOS, Linux, dan Windows. Sayangnya Genymotion bukanlah emulator Android gratis.

Ada banyak sekali fitur yang membantu Developer dalam mengembangkan aplikasi dan game Android. Bagi para developer pasti sangat terbantu dengan emulator yang satu ini.

8. KOPLAYER

Emulator Android Terbaik dan Tercepat

Bagi yang mencari emulator android gratis yang cepat dan ringan, kami sarankan untuk mencoba KoPlayer. Emulator ini bisa digunakan pada PC dan Laptop dengan sistem operasi Windows serta MacOS.

Performa KoPlayer untuk bermain game sangat bagus dan cukup ringan pada PC spek rendah. KoPlayer juga dilengkapi Play Store dengan user interface yang simpel dan mudah digunakan.

KoPlayer sudah dilengkapi Screen Recorder untuk merekam layar saat bermain game maupun menjalankan aplikasi. Spesifikasi minimum yang dibutuhkan hanyalah Ram 2GB dengan processor Dual Core dari Intel maupun AMD.

9. Andy OS

Sudah sejak lama Andy OS menjadi salah satu emulator android terbaik. Emulator ini bisa didownload secara gratis untuk dijalankan di PC dan Laptop dengan sistem operasi Windows serta MacOS.

Untuk saat ini Andy OS masih menggunakan sistem operasi Android Nougat. Meskipun cukup jadul, namun performa Andy OS untuk bermain game sangatlah baik.

Kalian bisa menggunakannya pada komputer atau laptop dengan Ram minimal 2GB. Didalamnya sudah ada Play Store untuk menginstal aplikasi dan game.

10. LDPlayer

Emulator Android Terbaik Untuk Main Game

LDPlayer menawarkan pengalaman bermain game Android dengan lancar dan stabil pada komputer atau laptop dengan processor Intel maupun AMD.

Emulator ini bisa di download secara gratis. LDPlayer menyediakan dua versi dengan sistem operasi Android 5.1 dan Android 7.1.

LDPlayer mendukung Custom Control untuk bermain game menggunakan Keyboard, Mouse, dan GamePad.

11. Phoenix OS

Phoenix OS

Phoenix OS merupakan sistem operasi terpisah layaknya Windows, Linux, maupun MacOS. Sistem operasi ini dikembangkan secara khusus untuk bermain game Android di PC maupun Laptop.

Kalian bisa menjadikannya sebagai sistem operasi kedua (Dual Boot) atau menginstalnya melalui VirtualBox. Menariknya, Phoenix OS sudah dilengkapi Play Store dan berjalan pada sistem operasi Android 7.1

Apabila ingin menggunakan Phoenix OS sebagai emulator maka kalian harus menginstal Oracle VirtualBox yang bisa digunakan di Linux, Windows, dan MacOS.

12. PrimeOS

PrimeOS

Sama halnya dengan Phoenix OS, PrimeOS merupakan sistem operasi terpisah yang harus diinstal dipartisi komputer atau menggunakan Virtual Box.

Ada banyak sekali fitur yang disediakan PrimeOS. Menariknya kita juga bisa menginstal PrimeOS pada Flashdisk. Bagi yang ingin mencobanya silahkan download di situs resmi PrimeOS.

13. Remix OS

Emulator Android Remix OS

Remis OS merupakan emulator android terbaik yang dikembangkan oleh Jide. Sayangnya program Remix OS sudah dihentikan sehingga tidak ada update terbaru.

Kalian masih bisa mendownload emulator ini pada sourceforge.net. Namun sayangnya Remix OS Player masih menggunakan Android Marshmallow.

Meskipun sistem operasinya jadul, namun Remix OS dikenal sebagai emulator android paling ringan jadi tidak ada salahnya mencoba emulator ini.

14. Bliss OS

Emulator Android Bliss OS

Bagi yang bosan menggunakan Windows ataupun Linux bisa mencoba menginstal sistem operasi bernama Bliss OS yang bisa didownload secara gratis

Bliss OS merupakan Open Source OS berbasis Android yang dioptimasi untuk PC. Kalian bisa menginstalnya sebagai Dual Boot atau sebagai emulator melalui VirtualBox.

Bliss OS memiliki user interface Tablet UI berbasis AOSP Launcher. Semuga game dan aplikasi Android bisa dinstal di sistem operasi ini. Pasalnya Bliss OS sudah dilengkapi Play Store.

15. ARChon

Emulator Android Ringan

ARChon tidak seperti emulator pada umumnya. Sebab ARChon adalah ekstensi Google Chrome yang memungkinkan Google Chrome memiliki kemampuan untuk menjalankan aplikasi dan game Android secara terbatas.

Cara menggunakan ARChon cukup sulit. Bagi yang suka tantangan pasti akan menyukai emulator android paling ringan ini. Terlebih ARChon bisa diinstal di semua sistem operasi yang dilengkapi Google Chrome (Mac OS, Linux, Windows).

Bagi yang penasaran ingin mencobanya silahkan melihat cara instal ARChon di GitHub melalui link di bawah ini.

Nah demikianlah beragam emulator android paling ringan dan cepat yang bisa kalian coba di PC maupun Laptop. Kalau boleh jujur, sebenarnya tidak semua emulator di atas merupakan emulator yang ringan.

Performa emulator sangat tergantung dari spesifikasi komputer atau laptop. Semakin tinggi spesifikasinya, tentu performanya semakin bagus.

Tidak ada salahnya kalian mencoba salah satu emulator yang kami rekomendasikan di atas. Namun apabila ingin emulator android terbaik untuk main game, kami sarankan memilih GameLoop, BlueStack, LDPlayer, dan Memu Play

FAQ

Jika kalian masih ada pertanyaan seputar emulator android paling ringan dan cepat, silahkan simak halaman FAQ berikut ini

Apakah Bisa Menjalankan Emulator Android Pada PC Ram 2GB?

Sangat bisa, karena rata-rata emulator memiliki spesifikasi minimum Ram 2GB

Apa Saja Emulator Android Yang Cocok Untuk MacOS?

Ada beberapa emulator yang mendukung MacOS (Macbook & iMac) seperti NoxPlayer, Droid4x, GenyMotion, KoPlayer, dan Andy OS

Apakah Emulator Merusak PC

Tentu saja tidak. Sebab emulator akan bekerja sebagai sebuah aplikasi. Terkecuali jika kalian menginstal emulator sekelas Phoenix OS, Bliss OS, dan Prime OS. Sebab ketiganya merupakan sebuah sistem operasi yang bisa merusak PC apabila salah dalam menginstalnya

Apakah Emulator Android Bisa Digunakan Untuk Main Game?

Sangat bisa. Namun pastikan emulator yang dipilih mendukung game.

Apakah Tersedia Play Store

Beberapa emulator menyediakan Play Store sebagai aplikasi bawaan

Dari Semua Emulator Mana Yang Paling Bagus?

Menurut kami BlueStack merupakan emulator android terbaik. Sebab emulator ini telah dilengkapi Play Store dan bisa berjalan pada PC spek rendah.

Nah demikianlah informasi seputar emulator android paling ringan dan cepat yang bisa kalian gunakan untuk bermain Game Naruto Android maupun beragam aplikasi Android secara cepat dan lancar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *